Scratch merupakan bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk membuat suatu permainan, animasi, dan lain-lain.
Khusus untuk postingan pertama saya akan berbagi ilmu sedikt mengenai program ini yang juga baru saya dapatkan. Pada percobaan pertama menggunakan scratch, kami diperintahkan untuk membuat sebuah game labirin.
Permainan labirin merupakan sebuah permainan yang bertujuan untuk mencari jalan keluar.
Nah ini adalah gambaran dari permainan yang baru pertama saya buat. Namanya “Labirin Nuril”
Pada postingan ini, saya akan memberitahukan cara membuat permainan labirin.
Tahapan membuat Permainan Labirin
Masukkan latar belakang untuk permainan tersebut. Anda dapat mencarinya di Internet ataupun juga bisa membuatnya sendiri. Arena pada permainan saya itu dibuat sendiri looh.
Untuk membuat arena sendiri, klik pada hasil program. Lalu, akan muncul seperti gambar dibawah ini, klik semua latar belakang dan pilih edit. Setelah itu kalian bisa mengeluarkan kreasi kalian dengan suka-suka. Namun, jika kalian sudah mememiliki latar belakang, kalian bisa langsung memasukkan dengan memilih impor.Pilihlah sebuah sprite yang digerakkan untuk melintasi arena labirin.
Pada permainan ini saya memilih kepiting untuk menjadi sprite yang dapat digerakkan untuk melintasi arena labirin.
Berikan perintah-perintah agar objek kepiting dapat bergerak. Buatlah perintah tersebut pada lembar kerja scratch.
Perintah diatas saya gunakan untuk mengatur tampilan awal dari sprite kepting di permainan saya. Jadi, jika saya mengklik bendera hijau maka sprite saya akan ditempatkan di posisi awal dan menghadap ke kanan.
Gambar diatas merupak contoh perintah-perintah yang saya gunakan untuk menjalankan sprite kepiting ini agar bisa membelok ke kanan, kiri, atas, ataupun bawah.
Agar membuat permainan ini lebih berwarna saya melibatkan cukup banyak sprite yang memiliki bermacam-macam tugas.
Sprite diatas merupakan sebuah makanan untuk sprite kepiting dan sengaja saya buat sangat banyak agar menambah tantangan pada permainan ini.
Gambar diatas merupak perintah untuk sprite makanan. Agar kalian tidak capek untuk membuat skrip di sprite yang lain, kalian bisa menyalin perintah diatas dengan cara klik kanan, lalu pilih gandakan, dan tarik ke sprite yang ingin diberikan perintah.
Selanjutnya 4 sprite tersebut saya perintahkan untuk menggangu jalannya sprite kepting untuk mendapatkan kemenangan.
Inilah perintah-perintah yang saya masukkan pada sprite 16. Jika sprite kepiting menyentuh sprite 16, nilainya akan berkurang 10.
Gambar diatas berisi tentang perintah untuk sprite 17 dan 18,tetapi terdapat perbedaan antara kedua sprite ini yang terletak pada posisi awalnya saja. Jika sprite kepting menyentuh kedua sprite ini maka ia akan kembali ke posisi awal.
Pada permainan ini saya juga membuat sebuah sprite game over yang akan keluar jika nyawa yang dimiliki oleh sprite kepting sudah habis.
Gambar perintah untuk sprite game over.
Nah ini merupakan perintah yang mengatur sprite 1.
Jika bendera hijau diklik, nilai dan nyawa akan berubah, diposisikan awalnya pada titik tersebut dan menghadap ke kanan. Lalu perintah yang lainnya, jika sprite kepiting menyentuh sprite 17 dan 18, sprite kepiting akan kembali ke posisi awal. Kemudian, jika sprite kepiting menyentuh sprite 19, nyawanya akan berkurang sebesar 1. Akhirnya, jika sprite kepiting menyentuh warna kuning (kunci finish) dan berkata I’m winner.
Nah Gambar dibawah ini adalah tampilan akhir dari permainan jika kita bisa mencapai jalan keluarnya.
Sedangkan, gambar yang dibawah ini jika kita tidak bisa menyelesaikan permainan.
Saya rasa cukup sampai disini ya postingan saya mengenai permainan labirin. Semoga bermanfaat :)
Khusus untuk postingan pertama saya akan berbagi ilmu sedikt mengenai program ini yang juga baru saya dapatkan. Pada percobaan pertama menggunakan scratch, kami diperintahkan untuk membuat sebuah game labirin.
Permainan labirin merupakan sebuah permainan yang bertujuan untuk mencari jalan keluar.
Nah ini adalah gambaran dari permainan yang baru pertama saya buat. Namanya “Labirin Nuril”
Pada postingan ini, saya akan memberitahukan cara membuat permainan labirin.
Tahapan membuat Permainan Labirin
Masukkan latar belakang untuk permainan tersebut. Anda dapat mencarinya di Internet ataupun juga bisa membuatnya sendiri. Arena pada permainan saya itu dibuat sendiri looh.
Untuk membuat arena sendiri, klik pada hasil program. Lalu, akan muncul seperti gambar dibawah ini, klik semua latar belakang dan pilih edit. Setelah itu kalian bisa mengeluarkan kreasi kalian dengan suka-suka. Namun, jika kalian sudah mememiliki latar belakang, kalian bisa langsung memasukkan dengan memilih impor.Pilihlah sebuah sprite yang digerakkan untuk melintasi arena labirin.
Pada permainan ini saya memilih kepiting untuk menjadi sprite yang dapat digerakkan untuk melintasi arena labirin.
Berikan perintah-perintah agar objek kepiting dapat bergerak. Buatlah perintah tersebut pada lembar kerja scratch.
Perintah diatas saya gunakan untuk mengatur tampilan awal dari sprite kepting di permainan saya. Jadi, jika saya mengklik bendera hijau maka sprite saya akan ditempatkan di posisi awal dan menghadap ke kanan.
Gambar diatas merupak contoh perintah-perintah yang saya gunakan untuk menjalankan sprite kepiting ini agar bisa membelok ke kanan, kiri, atas, ataupun bawah.
Agar membuat permainan ini lebih berwarna saya melibatkan cukup banyak sprite yang memiliki bermacam-macam tugas.
Sprite diatas merupakan sebuah makanan untuk sprite kepiting dan sengaja saya buat sangat banyak agar menambah tantangan pada permainan ini.
Gambar diatas merupak perintah untuk sprite makanan. Agar kalian tidak capek untuk membuat skrip di sprite yang lain, kalian bisa menyalin perintah diatas dengan cara klik kanan, lalu pilih gandakan, dan tarik ke sprite yang ingin diberikan perintah.
Selanjutnya 4 sprite tersebut saya perintahkan untuk menggangu jalannya sprite kepting untuk mendapatkan kemenangan.
Inilah perintah-perintah yang saya masukkan pada sprite 16. Jika sprite kepiting menyentuh sprite 16, nilainya akan berkurang 10.
Gambar diatas berisi tentang perintah untuk sprite 17 dan 18,tetapi terdapat perbedaan antara kedua sprite ini yang terletak pada posisi awalnya saja. Jika sprite kepting menyentuh kedua sprite ini maka ia akan kembali ke posisi awal.
Pada permainan ini saya juga membuat sebuah sprite game over yang akan keluar jika nyawa yang dimiliki oleh sprite kepting sudah habis.
Gambar perintah untuk sprite game over.
Nah ini merupakan perintah yang mengatur sprite 1.
Jika bendera hijau diklik, nilai dan nyawa akan berubah, diposisikan awalnya pada titik tersebut dan menghadap ke kanan. Lalu perintah yang lainnya, jika sprite kepiting menyentuh sprite 17 dan 18, sprite kepiting akan kembali ke posisi awal. Kemudian, jika sprite kepiting menyentuh sprite 19, nyawanya akan berkurang sebesar 1. Akhirnya, jika sprite kepiting menyentuh warna kuning (kunci finish) dan berkata I’m winner.
Nah Gambar dibawah ini adalah tampilan akhir dari permainan jika kita bisa mencapai jalan keluarnya.
Sedangkan, gambar yang dibawah ini jika kita tidak bisa menyelesaikan permainan.
Saya rasa cukup sampai disini ya postingan saya mengenai permainan labirin. Semoga bermanfaat :)
0 comments:
Post a Comment